Sabtu, 26 September 2020

Membackup Driver Laptop atau PC sebelum melakukkan Instalasi Ulang

Zata KomputIndo - Apakah anda sebelumnya pernah melakukkan instalasi windows sendiri? Jika pernah pasti hal yang sangat merepotkan adalah mengunduh driver bawaan dari manufaktur pc/laptop yang sangat banyak versinya. Terkadang beda versi saja bisa mengakibatkan fungsi dari laptop/pc anda tidak bekerja secara maksimal. Sebelum kita mengulas masalah ini bagi anda yang baru pertama kali akan melakukkan instalasi sendiri pada perangkat komputer anda harap baca dengan seksama beberapa pengalaman kami ini.

Sebelum kita mulai ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai perangkat komputer anda seperti merk, teknologi, dan partisi. Beberapa merk komputer sangat bebas menyebarkan versi driver yang mereka buat tentu biasanya hal ini menjadi mudah bagi anda untuk mengunduhnya tetapi bagaimana jika merk komputer anda yang drivernya hanya ada di CD/DVD driver bawaan yang ketika akan digunakan malah hilang atau tidak terbaca oleh CD/DVD ROM?

Mari kita bahas lebih lanjut.

Pada tutorial kali ini kami akan membahas mengenai Membackup Driver Bawaan Komputer Anda sehingga anda tidak perlu lagi repot-repot mencari-cari atau mengunduh banyak versi dari driver anda. Sebelum itu anda harus mengetahui besaran bit dalam Sistem Operasi yang anda gunakan, apakah berbasis x86 (32-bit) atau x64 (64-bit) karena biasanya akan sangat berbeda jika salah satu driver yang anda backup x64 kemudian anda menginstall windows dengan sistem x86 biasanya akan mengakibatkan kegagalan fungsi pada komponen perangkat keras anda.

Jadi usahakan ke sesama sistem yang sama x64 ke x64. Lalu bagaimana jika sistem sama kemudian versi windows yang berbeda? misalnya windows 10 home x64 ke windows 10 pro x64? menurut pengalaman kami bisa diterapkan tetapi biasanya akan menjadi tidak stabil atau ada beberapa fitur yang tidak maksimal. Jadi usahakan hanya backup dengan sistem yang sama dan versi yang sama.

Baiklah kali ini aplikasi untuk membackup driver ini bernama Double Driver. Aplikasi ini juga tersedia di USBoot Zata KomputIndo.

Cara Membackup Driver Bawaan

Buka Zata USBoot kemudian pilih Double Driver

  • Buka aplikasi Double Driver
Kemudian Klik Run as Administrator
  • Kemudian klik run as administrator untuk mendapatkan akses administrator agar bisa menjalankan aplikasi ini.
Memilih Lokasi Penyimpanan File Driver
  • Setelah aplikasi muncul klik button Backup kemudian klik Scan Current System button yang berada dibawah. Terdapat 3 opsi output yaitu Structured Folder, Compressed (zip) dan Executable (exe).
  • Structured Folder maksudnya file driver nanti akan dimasukkan kedalam folder lokasi yang sudah ditentukan.
  • Compressed dijadikan dalam satu paket ZIP, file ini juga bagus karena ukuran file driver akan dikompress ukurannya.
  • Single File Self Extract dibentuk menjadi sebuah file eksekusi (exe) yang memudahkan anda dalam merestore driver hanya tinggal klik. 

Centang driver yang akan kamu backup, atau langsung klik next untuk pilihan rekomendasi dari aplikasi Double Driver.

Proses Ekstrasi Driver Sedang Berlangsung

Tunggu hingga proses selesai.


Selesai.

Untuk cara merestorenya silahkan baca artikel Merestore Driver Bawaan

Zata KomputIndo

Konsultan IT

Melayani Jasa Drafter AutoCAD, Google Sketchup, Konsultan IT dan Media Online.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan hubungi kontak kami untuk informasi lebih lanjut

Chat Customer Service
Close and go back to page